Selasa, 27 Desember 2011

Jendela Korea untuk menelusuri dunia internasional, dan memperkenalkan Korea

KBS WORLD Radio merupakan saluran siaran internasional yang mengudara dalam 11 bahasa.

Dimulai dengan siaran Bahasa Inggris selama 15 menit setiap hari,
pada tanggal 15 Agustus 1953, dengan nama resmi ‘Voice of Free Korea’, KBS World Radio kini menyelenggarakan siaran dalam 11 bahasa,
yaitu Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, Bahasa Korea, Bahasa Prancis, Bahasa Rusia, Bahasa Cina, Bahasa Spanyol, Bahasa Indonesia,
Bahasa Arab, Bahasa Jerman dan Bahasa Vietnam.

Pada bulan April 1973, nama siaran diubah menjadi ‘Radio Korea’ dan pada bulan Agustus 1994, ditetapkan sebagai ‘Radio Korea International’ sesuai dengan era globalisasi, setelah itu pada bulan Maret 2005, sebutan itu kemudian diubah menjadi ‘KBS World Radio’ dalam rangka menduniakan merek Korea dan siaran KBS.

KBS WORLD Radio menjalankan tugas memberitahukan segala aspek tentang Korea Selatan, meliputi politik, ekonomi, sosial, budaya dan tradisi melalui berbagai acara dan warta berita secara tepat dan cepat kepada pendengar siaran di seluruh pelosok dunia dan pengguna internet berdasarkan hubungan persahabatan dan saling pengertian. Selain itu, KBS WORLD Radio menjadi sumber utama berita dan informasi bagi seluruh warga Korea di luar negeri yang berjumlah sekitar
60 juta orang.

KBS WORLD Radio selalu mendampingi anda


KBS WORLD Radio tetap mengutamakan program yang bermutu tinggi. Mengantarkan warta berita dan Informasi yang tepat dan cepat serta selalu setia baik di saat suka maupun duka masyarakat Korea Selatan kepada seluruh keluarga besar KBS WORLD Radio di dunia.

Membuka era koeksistensi perdamaian dan unifikasi Korea dengan program tentang hubungan antar Korea.
Meningkatkan wawasan dan pengertian tentang kebudayaan bangsa Korea dengan program seni-budaya dan pariwisata.
Mengantarkan lagu-lagu Korea untuk menghiburkan dan meningkatkan keakraban terhadap bangsa dan negara Korea.
Memberikan informasi yang benar tentang Korea kepada warga asing baik di dalam maupun luar negeri.
Mengajak partisipasi aktif para pendengar pada program siaran interaktif.

Mutu penangkapan siaran yang bersih

KBS WORLD Radio selalu berusaha untuk meningkatkan mutu penangkapan siaran melalui pemancaran langsung dari Korea, pertukaran transmisi dengan Kanada dan Inggris atau menyewa fasilitas transmisi di luar negeri bagi para pendengar baik di wilayah Eropa, Amerika, Asia maupun Timur Tengah dan Afrika.

Untuk menjamin mutu penangkapan siaran yang bersih, KBS WORLD Radio mencapai perjanjian tentang pertukaran transmisi dengan RCI, Radio Canada International pada bulan April 1990 dan dengan BBC, British Broadcasting Corporation pada bulan Mei 1993, khususnya untuk wilayah Amerika dan Eropa.

Selain itu, KBS WORLD Radio menyewa fasilitas transmisi Dhabaya, Emirat Arab sejak bulan Oktober tahun 2011 untuk meningkatkan mutu penangkapan siaran Bahasa Arab di wilayah Timur Tengah, zona produksi minyak mentah internasional dan negara-negara di bagian utara, Afrika. Selain siaran gelombang pendek, KBS World Radio selalu berusaha untuk mencoba memasuki berbagai flatform penyiaran.

Sejak bulan Agustus 2003, program Bahasa Inggris, Bahasa Rusia, Bahasa Prancis dan Bahasa Jerman disiarkan lewat satelit internasional (saluran audio) menuju benua Eropa, Amerika Utara, Asia Timur Tengah, Afrika dan Asia, serta program siaran Arab juga mulai dipancarkan melalaui satelit sejak bulan Juni 2006.

Siaran KBS World Radio dapat dipantau lewat saluran radio AM dan FM setempat di Rusia, Indonesia, Argentina dan sebagainya. Pada bulan September 2006, program Bahasa Rusia mulai disiarkan lewat stasiun siaran Moskow AS (738kHz), siaran Bahasa Indonesia diudarakan melalui Camajaya FM (102,6MHz) di Jakarta serta siaran bahasa Spanyol lebih mendekati para pendengar melalui Radio Palermo (94,7MHz) sejak bulan Januari tahun 2011 lalu. Disamping itu, program Bahasa Korea dapat dinikmati lewat saluran siaran baik FM maupun AM setempat di AS, Australia dan Selandia Baru, melalui jalinan kontrak penyuplaian program antara KBS World Radio dan stasiun siaran warga Korea.

Baik para pendengar maupun pengguna internet dapat menikmati warta berita dan beraneka-ragam program KBS World Radio yang disajikan dalam 11 bahasa asing, melalui gelombang pendek, satelit, siaran FM dan AM setempat maupun situs internet. Seluruh program dari 11 siaran berbahasa asing itu diudarakan lewat 2 buah saluran audio yang dioperasikan selama 24 jam. Khususnya, saluran audio
24 jam ‘Musik Player’ menyediakan musik pop Korea dengan kualitas jelas setingkat CD.

Siaran Internet

KBS World Radio menaruh perhatian khusus pada siaran internet yang sudah menjadi inti dalam media baru diera saat ini.
Sejak dibukanya hompage pada bulan November tahun 1997 lalu, situs KBS World Radio bukan hanya melayani siaran internet dalam
11 bahasa selama 24 jam, tetap juga memberikan beraneka ragam informasi terkait Korea, termasuk budaya, hiburan, wisata, pelajaran bahasa Korea, sejarah Korea dll.

Pada era digital, KBS World Radio memfokuskan upaya pada lingkungan Web yang mengalami perubahan drastis. Untuk itu, kami berupaya untuk mengaktifkan komunikasi interaktif yang dapat meningkatkan partisipasi pendengar. Saat ini, Pod Casts, RSS, SNS dan sebagainya disajikan untuk meningkatkan kemudahan bagi pengguna internet, serta berbagai pelayanan mobile disajikan agar para pendengar dengan lebih mudah dan nyaman memanfaatkan KBS World Radio sebagai sumber berbagai informasi.

Di era dimana tembok pemisah antarmedia semakin runtuh, KBS World Radio tetap berusaha untuk memperkuat konten yang menyatukan media, seperti audio, video dan internet. Pihak KBS berupaya untuk meningkatkan konten program siaran bentuk internet supaya para pengguna internet lebih mudah mengakses layanan itu, seperti halnya ‘Pelajaran Bahasa Korea dalam 10 bahasa asing’ yang sedang disajikan, baik program siaran maupun konten internet. Sejalan dengan itu, kami merencanakan pembuatan warta berita lewat VOD maupun sejumlah program yang lain dengan VOD.

KBS World Radio tetap berperan sebagai "jendela untuk dapat lebih mengetahui Korea", serta aktif mengikuti lingkup penyiaran internet yang berubah dahsyat dengan berbagai cara.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More