Selasa, 27 Maret 2012

Ahn Hyang-yeon



Nilai kecantikan dapat berbeda-beda menurut orang dan zaman. Tetapi, satu hal yang tidak akan berubah adalah bahwa perempuan bisa berbuat apa saja demi menjadi cantik. 
 
Masyarakat kuno Korea sering mengatakan bahwa wanita cantik tidak panjang umur. Ini artinya bahwa kecantikan sering tidak sesuai dengan keberuntungan. Dalam perjalanan sejarah, terdapat banyak kisah tentang wanita cantik yang menderita gara-gara kecantikannya. Ada seorang wanita yang cantik dalam bidang Pansori Korea.
Penyanyi master Ahn Hyang-yeon (안향연) menikmati masa kejayaannya pada tahun 1970-an, lalu meninggal usia muda pada awal tahun 1980-an. Dia lahir di Gwangsan, Provinsi Jeolla Selatan pada tahun 1944. Ayahnya Ahn Gi-seon adalah seorang guru nyanyian Sori yang terkenal pada saat itu. Berkat ayahnya, dia bisa belajar Sori sejak usia dini.

Pada tahun 1960, dia menjadi seorang murid penyanyi master Chung Eung-min yang terkenal dengan Sori Boseong dan dia mengembangkan ketrampilan bernyanyi Sorinya. Pada masa awal, Ahn Hyang-yeon belajar bernyanyi Sori dari penyanyi pria di daerah. Seorang penyanyi master wanita Kim So-hui terpesona akan suara khas Ahn, lalu menawarkannya untuk menjadi muridnya. Dengan demikian, Ahn Hyang-yeon pindah ke Seoul dan memperoleh ketrampilan dan teknik bernyanyi sebagai penyanyi Sori wanita. Bersamanya dia dapat memahami aliran Pansori modern juga.

Pada umumnya, orang-orang berpikir seorang penyanyi Pansori atau nyanyian narasi tradisional Korea bersuara serak. Beberapa cerita tentang penyanyi Pansori menjelaskan bagaimana seseorang harus berlatih bernyanyi sampai sebatas meludah dengan darah untuk menjadi seorang penyanyi Pansori. Tetapi, suara penyanyi Ahan Hyang-yeon memecahkan prasangka kebanyakan orang tentang penyanyi Pansori. Suaranya merdu dan jelas. Selain itu, dia berparas cantik. Oleh karena itu, dia berperan sebagai tokoh utama dalam opera tradisional Korea yang disebut Changgeuk yang disiarkan dalam televisi pada tahun 1970-an. Pada tahun 1981, Ahn Hyang-yeon merupakan penyanyi Sori yang paling banyak dicari oleh stasiun penyiaran bersama dengan penyanyi Sori Cho Sang-hyeon.

Tetapi pada usia 30-an, Ahn melakukan bunuh diri. Meskipun ada berbagai spekulasi mengapa dia mengakhiri hidupnya sendiri, nampaknya dia tidak tahan menyaksikan posisi musik tradisional menurun dalam penyiaran dan peranan musisi klasik makin hari makin berkurang. Melalui kehidupan Ahn Hyang-yeon ini, kita bisa menduga kesulitan yang dialami oleh musisi klasik Korea pada masa lalu.



Source : KBS world

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More