Selasa, 08 Mei 2012

Film I'AM Dokumenter Penuh Sejarah dari Artis SM


Melihat beberapa bintang Kpop dari agensi SM Entertaiment, mungkin kita sempat bertanya-tanya atau setidaknya membayangkan bagaimana jika kita seperti Leeteuk Super Junior, bagian dari anggota SNSD atau seperti BoA yang memiliki suara indah dan bagus. Bagaimana bisa menjadi seperti mereka?

Bergabung dengan agensi besar, meiliki koneksi dengan label rekaman atau menghabiskan modal jutaan rupiah mungkin bisa instan langsung jadi dan bergaya dipanggung seperti bintang Kpop. Namun bukan seperti itu yang terjadi pada bintang idola Korea.

Setidaknya mereka menghabiskan sebagian waktunya bertahun-tahun dalam pelatihan untuk bisa berdiri dan tenar seperti sekarang. Mereka meredam bergaul dengan teman, mengikis hura-hura di usia remajanya dan langsung pergi latihan setelah pulang sekolah. Dan jika mereka berasal dari luar Seoul yang jadi pusat agensi-agensi pelatihan, mereka harus merelakan jauh dari orang tua demi pelatihan meskipun mereka masih duduk di bangku kelas 5 SD! dan itu memang kenyataan yang terjadi pada orang Korea yang ingin sukses menjadi bintang Idola.

Salah satu perusahan besar Agensi hiburan Korea S.M. Entertainment telah membuat sebuah film dokumenter - berjudul "I'AM" dengan mengabadikan sebuah pertunjukan artis mereka di Madison Square Garden New York tahun lalu, serta menghubungkan peristiwa-peristiwa penting saat seorang bintang Idola bejuang dengan air mata dan keringat mereka untuk menuju puncak kesuksesan.

Menampilkan 32 bintang S.M. termasuk anggota boyband legendaris H.O.T. Kang Ta, BoA , serta top girlband/boybanf seperti Girls Generation, Super Junior, SHINee, TVXQ dan f (x) nampaknya mereka tidak harus melakukan banyak pekerjaan tambahan untuk film "I'AM", karena ini murni hasil kerja perusahaan SM dengan potongan versi cinematically diedit dari arsip rekaman video selama 16 tahun dari mulai pelatihan calon bintang sampai pertunjukan live mereka.

Saat keterangan pers SM meluncurkan sebuah trailer berdurasi tujuh menit dimana menampilkan moment menarik masa pelatihan artis seperti perkenalan Seohyun yang masih gemuk dan polos, Sung Min SUJU yang berjuang keras latihan vokal sampai dimarahi oleh pelatihnya,  Sulli (fx) yang terlihat masih muda dan canggung.

Ketika menyaksikan cuplikan dirinya saat masih jadi calon peserta latihan, Sulli mengatakan "Oh, jadi ini gunanya kenapa mereka (SM) merekam saat hai-hari pelatihan"

Dia melanjutkan "Saya dari Busan, waktu itu saya harus hidup jauh dari orang sejak saya masih anak kelas lima, Saya sangat sering merindukan orang tua saya. Saat itu saya merasa menyesali keputusan tersebut"

Menurut perwakilan SM, Direktur Choi Jin Seong, film ini seperti drama Inggris tahun 2000 berjudul "Billy Elliot" dimana menceritakan seorang anak umur 11 tahun yang bercita-cita ingin menjadi seorang penari balet.

Choi Jin Seong mengatakan "Film ini tentang mengejar sebuah impian,  sama seperti Billy yang berjuang mengatasi segala rintangan untuk jadi seorang dancer. Saya ingin mengeksplorasi bagaimana 32 orang berhasil melewati 7 sampai 8 tahun pelatihan, yang setara dengan 43.800 jam, hanya untuk menjadi seperti yang mereka inginkan. Puncaknya, tentu saja konser di Madison Square Garden New York, yang telah menjadi tempat impian bagi sebagian besar idola seperti yang ditampilkan dalam film. Intinya Film ini tentang perkembangan dan pertumbuhan karir "

Di antara 32 bintang SM tersebut, yang tertua adalah Kang Ta dari boyband pertama SM HOT atau High-five Of Teenagers (Heejoon , Woohyuk, Tony An, Kangta dan Jaewon) yang sekarang dianggap sebagai pelopor dari grup K-pop pentolan SM, mereka memulai debut pada tahun 1996 dan dibubarkan pada tahun 2001.

Kang berbagi hari-hari awal bersama S.M. sebelum debut resmi bersama HOT sekitar tahun 1990-an. Dia  menuturkan:

"Pada saat saya masuk jadi peserta latihan, saat itu hanya ada empat anggota staf di SM, termasuk CEO Lee Soo Man Kami belum punya banyak peralatan, dilatih di rumah kecil yang terletak di daerah perumahan di kabupaten Songpa Seoul.

Saat itu tidak ada cermin, jadi kami harus menggunakan kaca jendela rumah pada malam hari untuk memeriksa gerakan tarian. Makanan yang paling mahal yang diizinkan saat itu adalah jajangmyeon (makanan Korea-Cina berupa mie kacang hitam). Saat itu teman saya, Tony membeli beras Japchae dan mendapat hukuman selama dua hari. Pada saat itu, Tony bahkan tidak bisa membayangkan akan tampil di Madison Square Garden"

Para bintang S.M. memulai tur dunia mereka yang terkenal pada bulan Agustus 2010, dilakukan pada tujuh tempat terkenal, seperti Zenith de Paris dan Tokyo Dome. Tour diakhiri di New York dimana konser besar digelar di tempat elite Madison Square Garden.

Yunho TVXQ mengatakan "Ketika saya pertama kali tampil di panggung Madison Square Garden, hal pertama yang saya lakukan adalah melihat kaki saya, Saya sudah menjadi penggemar berat Michael Jackson, dan itu moment luar biasa ketika bisa berdiri di panggung di mana Jackson juga dulu melakukannya. Dan itu lebih bermakna karena saya tampil dengan rekan satu label pada saat yang sama."

Anggota SNSD Sooyoung juga menambahkan " Saya baru melihat beberapa bagian dari film, dan itu mengingatkan saya ketika masih muda sebagai peserta pelatihan yang saya sendiri sudah banyak lupa sebagian. Saya yakin film ini akan jadi pelajaran beharga untuk para penggemar, dan juga karunia besar untuk saya"

CJ Entertainment, akan menayangkan film "I'AM" ini di bioskop lokal pada 10 Mei 2012. Film ini juga akan dirilis di luar negeri, meskipun tanggal tayangnya belum diumumkan, namun pasti akan disuguhkan untuk penggemar Internasional.

Source : heraldm.com

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More