Selasa, 08 Mei 2012

SHINHWA Legenda Kpop



Kembalinya SHINHWA kedunia musik jadi perhatian besar bagi para pecinta musik Kpop. Group yang sudah berdiri selama 14 tahun ini resmi akan comeback dengan album terbaru berjudul "Venus". Didirikan oleh SM Entertainment pada tanggal 24 Maret 1998, Shinhwa masih bisa menunjukan daya tariknya sampai sekarang.

Tidak semua group Kpop mampu bertahan seperti Shinhwa, munculnya group-group baru jadi saingan berat dalam dunia musik pop Korea.  Sehingga banyak pihak yang menilai Shinhwa adalah boyband korea yang paling eksis hingga belum ada yang menandingi untuk ukuran Boyband Korea.

Nama SHINHWA (신화) sendiri artinya mitos atau legenda (sesuai namanya mereka benar-benar menjadi legenda Kpop saat ini). Pertama kali debut di acara musik korea KM Music Tank dengan single pertama mereka Hae Gyul Sah (problem solver). Mereka adalah pelopor gelombang grup muda yang dibentuk SM untuk menguasai industri musik korea bersama H.OT, S.E.S, dan Fly To The Sky.

Perjalanan SHINHWA

Vokalis utama Shin Hye Sung adalah member pertama yang direkrut SM. kemudian secara berurutan Eric Mun (yang waktu itu masih berstatus warga negara AS), Andy Lee (awalnya dimasukkan dalam grup H.O.T & sempat ditentang orang tuanya masuk dunia kpop karena usia yang masih terlalu muda), Lee Min Woo (yang ditemukan SM pada kompetisi tari), Jun Jin (yang mendapat rekomendasi dari Kang Ta). Member terakhir yang terakhir bergabung ialah Kim Dong Wan yang telah melihat video latihan grup itu dan memutuskan untuk bergabung.

Ketika merilis album pertama Eusha Eusha pada tahun 1998 Shinhwa kurang mendapat sambutan publik karena dianggap terlalu kekanak-kanakan. Baru setelah album kedua Twinkle of Paradise dirilis pada musim semi 1999 Shinhwa berhasil masuk ke dalam peta k-pop yang ketat akan persaingan karena sambutan luar biasa publik.

Album ketiga Only One juga menuai sukses dan mencetak penjulan tinggi. Basis fans yang dinamakan shinhwa changjo juga semakin melebar. Konser pertama Mithology Concert Tour yang diadakan awal tahun 2001 juga sukses berat, tak lama berselang shinhwa merilis album keempat Hey Come On

Namun pada tahun 2003, Shinhwa memutuskan tidak meneruskan kontrak dengan SM dan berpindah ke manajemen baru Good! Entertainment pada bulan juli 2003. Karena kontak dengan Good! Dimulai Januari 2004. selang waktu itu, para member memutuskan untuk bersolo karir. Eric Mun debut di dunia akting dengan membintangi Firebird, Andy & Junjin berakting di Nonstop4, Kim Dong Wan debut layar lebar Spin Kick. Sementara itu Lee Min Woo merilis album solo Un-touch-able. Sedangkan Shin Hye Sung selain merilis album solo Love of May juga membentuk Grup S bersama Kang Ta dan Lee Ji Hoon . dimana grup ini sempat mengisi dan mengaransemen OST. April Snow yang dibintangi oleh Bae Yong Jun dan Son Ye Jin.

Sampai tahun 2008 Shinhwa sudah mengeluarkan 9 album diantaranya, Resolver (1998), T.O.P (1999), Only One (2000), Hey, Come On! (2001), Perfect Man, Wedding (2002), Brand New (2004), State of the Art (2006) dan Volume 9 (2008)

Comeback 2012

Setelah 4 tahun Shinhwa vakum dari dunia musik, Shinhwa kembali dengan album baru Venus. Eric, Kim, Shin, Andy, Lee Minwoo dan Jun Jin benar-benar mempersiapkan secara total untuk comeback mereka. Tidak tanggung-tanggung acara jumpa pers saja disiarkan secara online di 200 negara. Mereka juga akan menggelar konser comeback "The Return" di Olympic Park Gymnastic Stadium, pada tanggal 24 - 25 Maret.


Album ke 10 Shinhwa merupakan hasil kerja keras dan usaha, masing-masing anggota menyumbang dalam menulis bagian utama dari album ini dan bahkan menghasilkan beberapa lagu. Judul lagu album "Venus" diproduksi oleh Andrew Nelson, yang pernah membuat karya untuk Britney Spears.

Anggota Shinhwa:

Eric Mun
Real Name: Mun Jung Hyuk / 문정혁
Position: Leader & rapper
Birthday: 16th Feb 1979
Height: 180 cm
Weight: 65 kg
Siblings: 2 older sisters
Religion: Christian
Hobbies: Listening to Music
Education: Dong-Guk University, Theater/Dramatic Arts Major 3rd year

Lee Min Woo
Real Name:  Lee Min Woo / 이민우
Position: Lead Vocalist, Main Dancer
Birthday: 28th Jul 1980
Height: 175 cm
Weight: 60 kg
Siblings: 1 elder brother & sister
Religion: Christian
Hobbies: Drawing cartoons, Listening to music
Education: Dae Jhun University, Music Major 2nd year

Kim Dong Wan
Real name: Kim Dong Wan / 김동완
Birthday: 21st Nov 1979
Position: Lead Vocalist
Height: 176 cm
Weight: 60 kg
Siblings: None
Religion: Christian
Hobbies: PC Tong Shin [internet chatting], in-line Roller-bladding
Education: Dae Jhun Busssiness University, Music Major 2nd year

Shin Hye Sung
Real Name: Jung Pil Kyo / 정필교
Birthday: 27th Nov 1979
Position: Main Vocalist
Height: 179 cm
Weight: 61 kg
Siblings: 1 younger brother
Religion: Christian
Hobbies: Listening to Music
Education: Chun An University, English Major, 2nd year

Jun Jin
Real Name: Park Choong Jae / 박충재
Birthday: 19th Aug 1980
Position: Lead Rapper, Vocalist, Lead Dancer
Height: 182 cm
Weight: 63 kg
Siblings: 1 younger sister
Religion: Christian
Hobbies: Listening to music, watching videos
Education: Kyoung-Gi University, 1st year

Andy Lee
Real Name: Lee Sun Ho / 이선호
Birthday: 21st Jan 1981
Position: Lead Rapper and maknae
Height: 177 cm
Weight: 58 kg
Siblings: 1 older sister
Religion: Christian
Hobbies: Basketball, Volleyball, Dancing and Rapping
Education: Korean Kent Foreign School

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More